Abstract :
Berdasarkan observasi yang telah dilakukan diperoleh
informasi bahwa sumber buku yang mahasiswa gunakan dalam
pembelajaran tidak terlepas dari E-book dan sumber buku lainnya.
Sehingga mahasiswa membutuhkan buku penunjang yang menarik
sebagai alternatif dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut penulis mengembangkan buku pengayaan
fisika berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan buku pengayaan fisika tentang struktur dinding
rumah tradisional Jambi dan persepsi mahasiswa terhadap buku
pengayaan fisika yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan
model ADDIE dengan tahapan analysis, design, development,
impelementation, dan evaluation. Namun pada tahap implementation
dan evaluation tidak dilakukan. Subjek penelitian ini adalah
mahasiswa pendidikan fisika regular B angkatan 2017. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah angket validasi dan angket persepsi
mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah buku pengayaan fisika tentang
struktur dinding rumah tradisional Jambi yang telah divalidasi dan
dinyatakan layak diuji cobakan. Hasil validasi ahli diperoleh
persentase rata rata yaitu 85,5% dengan kategori sangat baik,.
Selanjutnya diperoleh hasil persepsi siswa yaitu 82,25% dengan
kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam
penelitian dapat disimpulkan bahwa buku pengayaan fisika tentang
struktur dinding rumah tradisional Jambi layak digunakan sebagai
media penujang pembelajaran.