Abstract :
Kata Kunci: Model Picture and Picture, menulis, karangan narasi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam menulis karangan narasi siswa kelas VII A SMP Muhammdiyah 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui cara observasi atau pengamatan secara langsung terhadap proses pembelajaran dan wawancara bersama guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif, yaitu data disajikan dalam bentuk deskripsi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menulis, khususnya menulis karangan narasi. Hal inipun dibenarkan oleh guru melalui wawancara formal dan nonformal yang dilakukan peneliti. Faktor-faktor penyebab masalah kesulitan dalam menulis karangan narasi siswa inilah yang akan diatasi dalam penelitian ini. Berdasarkan permasalahan di atas maka tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah model Picture and Picture ini cocok dan efektif untuk diterapkan pada materi pembelajaran menulis karangan narasi.
Berdasarkan penelitian, hasil karangan narasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture termasuk dalam kategori mampu, karena dari 27 siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran hanya 4 orang siswa yang mendapatkan nilai dibawah 70 atau kategori kurang. Hal ini juga dapat dibukuktikan melalui tabel kriteria penilaian observasi menggunakan model Picture and Picture yang memperlihatkan proses pembelajaran yang berlangsung sangat baik. Dari hasil penelitian, disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran Picture and Picture untuk materi menulis karangan narasi karena terbukti model ini sangat cocok dan efektif untuk diterapkan.