DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
SURIANI, LARAS
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-07-21 03:59:30 
Abstract :
ABSTRAK Suriani,Laras.2020.Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Dra. Nazurty, M. Pd. (2) Drs. Aripudin, M. Hum. Kata Kunci: media gambar berseri, menceritakan kembali, fabel Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menceritakan kembali isi fabel siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Jambi Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode (quasi experiment). Penelitian dilakukan dengan membagi kelompok yang diteliti menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menerapkan media gambar berseri dalam proses pembelajaran proses pembelajaran menceritakan kembali isi fabel, dan kelompok dua adalah kelompok kontrol yang tidak menggunakan media gambar berseri dalam proses pembelajaran. Setelah dilakukan penerapan media gambar berseri dan dilakukan Post-test rata ? rata yang di dapatkan siswa pada kelas eksperimen 84,38 dibulatkan menjadi 84 , nilai terendah 70 serta nilai tertinggi 95 dengan standar deviasi 7,986. Pada kelas control nilai yang diperoleh berkisar pada59,57 yang dibulatkan menjadi 60 dengan skor terendah 40 dan skor tertinggi 78 serta standar deviasi 7,4. Berdasarkan pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi fabel kelas VII SMP Negeri 10 Kota Jambi dengan menggunakan media gambar berseri berpengaruh terhadap pembelajaran menceritakan kembali isi fabel. 
Institution Info

Universitas Jambi