DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA EKSTROVERT DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP 17 KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Kristiani, Faska
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-07-17 08:09:10 
Abstract :
ABSTRAK Kristiani, Faska. 2018. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ekstrovert Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Drs. Kamid, M.Si., (II) Ranisa Junita S.Pd., M.Pd Kata Kunci : kemampuan koneksi matematis siswa, siswa Ekstrovert, pemecahan masalah, sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan koneksi matematis yang harus dimiliki siswa. Kemampuan koneksi matematis merupakan bagian penting yang harus mendapatkan penekanan di setiap jenjang pendidikan. Pentingnya koneksi matematis bagi siswa diantaranya adalah keterkaitan antara konsep-konsep matematika yaitu berhubungan dengan matematika itu sendiri dan keterkaitan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari. Siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert memiliki sikap yang aktif dalam kegiatan pembelajaran baik secara individu maupun dalam kelompok, berpikir logis matematis, bertidak lebih cepat, apabila diberikan masalah matematika tidak berputus asa dalam menemukan solusi sehingga akan memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa tipe kepribadian ekstrovert dalam menyelesaikan soal pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMP N 17 Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah empat orang siswa tipe kepribadian ekstrovert di kelas VIII A tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar tes kepribadian MBTI (Myers-Briggs-Type-Indicator), lembar soal koneksi matematis materi sistem persamaan linear dua variabel dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa tipe kepribadian ekstrovert cukup baik. Hasil dari pekerjaan siswa tipe kepribadian ekstrovert dalam menyelesaikan soal secara umum keempat siswa dapat menyelesaikan soal dengan cukup baik karena mereka cukup percaya diri pada saat menyelesaikan soal. Hal tersebut sesuai karakteristik tipe ekstrovert yang dimiliki yaitu memiliki kepecayaan diri yang sangat tinggi. Semua siswa tersebut memenuhi ketiga indikator koneksi matematis. Namun memang siswa-siswa ekstrovert tersebut dalam menyelesaikan soal tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada lembar jawabannya, tetapi siswa tersebut sebenarnya memahami maksud soal dan mampu menyelesaikannya. Salah satu penyebabnya yaitu siswa tampak grogi dan terburu-buru terlihat pada saat mereka mengerjakan soal, ada yang mengoyangkan kaki, berkeringat dan melihat jam. Hal ini sesuai dengan karakteristik yang dimiliki siswa tipe ekstrovert yaitu tergesa-gesa, dan lebih mengutamakan tindakan dari pada merenungkan. 
Institution Info

Universitas Jambi