DETAIL DOCUMENT
Hubungan antara Sikap dan Minat Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 6 Batanghari
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
SUMARYANTI, SUMARYANTI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-07-17 09:39:20 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh mata pelajaran fisika yang sulit sehingga mempengaruhi sikap siswa dalam belajar. Sikap merupakan kecenderungan untuk bertingkah laku yang mencerminkan rasa senang atau tidak senang terhadap sesuatu. Sikap merupakan dampak dari minat pada diri siswa. Minat adalah rasa lebih suka dan ketertarikan pada sesuatu tanpa ada yang menyuruh. Siswa yang memiliki minat pada pelajaran fisika akan menunjukkan sikap yang mempengaruhi hasil belajar fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap dan minat siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMAN 6 Batanghari yang dilakukan pada November 2018. Sampel penelitian yaitu 290 dari populasi 690 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif assosiatif dengan rancangan penelitian korelasional untuk mengkaji hubungan antarvariabel. Hasil penelitian secara statistik deskriptif menunjukkan bahwa indikator sikap paling dominan yaitu implikasi sosial dari fisika sebesar 71,4% berkategori baik dan indikator minat paling dominan yaitu rasa ingin tahu sebesar 129,2% berkategori cukup baik. Secara statistik inferensial terdapat hubungan antara sikap dan minat siswa terhadap mata pelajaran fisika dengan nilai korelasi dikelas X, XI dan XII sebesar 0,644, 0,660 dan 0,719 dengan nilai signifikansi 0,000. Nilai korelasi tersebut tergolong memiliki tingkat keeratan hubungan yang kuat. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat meningkatkan sikap maupun minat siswa dengan menggunakan inovasi pembelajaran agar siswa menjadi lebih baik lagi. 
Institution Info

Universitas Jambi