DETAIL DOCUMENT
Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa di SMPN se-Kecamatan Jambi Luar Kota Pada Aspek Kompetensi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
RINALDO, FRENKI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-07-18 01:17:13 
Abstract :
ABSTRAK Rinaldo, Frenki. Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa di SMPN se-Kecamatan Jambi Luar Kota Pada Aspek Kompetensi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida M.Si, (II) Fibrika Rahmat Basuki, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Analisis, literasi sains, aspek kompetensi Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya literasi sains siswa di Indonesia khususnya literasi sains siswa di Provinsi Jambi berdasarkan data hasil literasi sains PISA dan INAP. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa pada aspek kompetensi dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi literasi sains siswa di SMPN se-Kecamatan Jambi Luar Kota. Penelitian ini adalah penelitian mix method dengan model Explanatory Sequential Design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi dan SMP Negeri 17 Muaro Jambi. Jumlah populasi sebanyak 274 siswa dan sampel penelitian yang dipilih sebanyak 101 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes literasi sains PISA 2009 dan kuisioner PISA 2006. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode statistik deskriptif untuk analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian 1iterasi sains siswa SMPN se-Kecamatan Jambi Luar Kota pada aspek kompetensi tergolong dalam kategori cukup dengan skor kompetensi literasi sains 41,4. Sedangkan bagian aspek kompetensi menggunakan bukti ilmiah adalah kompetensi yang paling baik dibandingkan kompetensi bagian menjelaskan fenomena ilmiah dan aspek kompetensi bagian mengidentifikasi permasalahan ilmiah adalah kompetensi yang paling kurang dikuasai siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi sains siswa pada aspek kompetensi yaitu, jenis kelamin siswa, latar pendidikan dan pekerjaan orang tua siswa, jumlah buku sains siswa, pandangan siswa tentang karir yang berhubungan dengan sains, waktu belajar sains siswa, dan pandangan siswa tentang pengajaran dan pembelajaran sains. Dari hasil penelitian ini saran supaya siswa sebaiknya perlu membiasakan diri untuk memahami konsep sains dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Serta bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian mengenai faktor-faktor lain yang mempengaruhi kemampuan literasi sains siswa. 
Institution Info

Universitas Jambi