DETAIL DOCUMENT
Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Means And Analysis dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Siswa Kelas VII SMP N 20 Kota Jambi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Pandiangan, Melina
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-07-18 02:37:19 
Abstract :
ABSTRAK Pandiangan, Melina. 2018. Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Means And Analysis dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Siswa KelasVII SMP Negeri 20 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Muslim, S.Pd., M.Si (II) Drs.Gugun M.Simatupang, M.Si Kata Kunci: Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah, Model pembelajaran Means And Analysis, Pembelajaran Langsung Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan pembelajaran matematika karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru menggunakan model pembelajaran Means And Analysis dalam mengarahkan siswa berpikir secara logis tentang hubungan antar konsep dan situasi dalam masalah yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental-semu (quasi experimental resech). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 20 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sedangkan sampel penelitian yang terambil adalah kelas VII C dan VII D dimana dua kelas sampel ini diberikan perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang dibelajarkan melalui model Means And Analysis baik dari pada siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran langsung pada siswa kelas VII SMP N 20 Kota Jambi pokok Bahasa Bilangan Bulat. Hasil penelitian skor rata-rata kelas eksperimen adalah 75,81 dengan simpangan baku 12,02 dan kelas kontrol rata-rata 69,00 dengan simpangan baku 10,13 serta hasil dari uji hipotesisnya diperoleh thitung = 2,21 dan ttabel = 1,68. Pada taraf nyata ? = 0,05. Dari hasil perhitungan itu terlihat bahwa thitung> ttabel maka H1 diterima. Hasil akhir disimpulkan bahwa model pembelajaran Means Ands Analysis lebih baik dari pada siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran langsung pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Kota Jambi. 
Institution Info

Universitas Jambi