DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TINGKAT KECEMASAN DAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT (FI) DAN FIELD DEPENDENT (FD) SISWA SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
SUKMANA, ROBBI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-07-19 08:14:12 
Abstract :
ABSTRAK Sukmana, Robbi. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Tingkat Kecemasan dan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent Siswa SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Gugun M. Simatupang, M.Si (II) Ranisa Junita S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Tingkat Kecemasan, Siswa FI dan FD, Pemecahan Masalah, Aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tingkat kecemasan matematika siswa kognitif field independent dan field dependent Dalam penelitian ini kemampuan pemecahan masalah yang dimaksud adalah kemampuan memecahkan masalah matematika yang mengikuti langkah-langkah polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana, dan menelaah kembali. berdasarkan tingkat kecemasan matematika siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan bentuk studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian dilakukan pada SMP Negeri 14 Kota Jambi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang siswa yang diambil dari kelas VIII E, yaitu 3 siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent (FI) dengan tingkat kecemasan yang berbeda-beda, dan 3 siswa yang bergaya kognitif Field Dependent (FD) dengan tingkat kecemasan yang berbeda pula. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket untuk mengetahui gaya kognitif masing-masing individu serta mengukur tingkat kecemasan siswa, teknik test untuk kemampuan menyelesaikan soal aljabar, teknik wawancara untuk mengetahui sejauh mana pemahaman 6 subjek yang memenuhi kriteria tersebut dalam memecahkan masalah. Berdasarkan analisis yang dilakukan atas tes tertulis dan wawancara mendalam, maka dapat diketahui bahwa gaya kognitif FI dan FD dengan tingkat kecemasan tinggi, sedang, dan rendah melakukan seluruh tahapan pertama pada langkah polya yaitu memahami masalah, dan pada tahapan kedua menyusun rencana, didapat 2 subjek tidak melakukan tahapan tersebut, yaitu subjek FD dengan tingkat kecemasan tinggi dan sedang. Pada tahapan ketiga melaksanakan rencana didapat 2 subjek yang tidak melakukan tahapan tersebut yaitu subjek FI dan FD dengan tingkat kecemasan rendah. Dan tahapan terakhir yaitu memeriksa kembali hanya 1 subjek yang tidak melakukan tahap terebut, yaitu subjek FD dengan tingkat kecemasan sedang. 
Institution Info

Universitas Jambi