DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
EMMA CHAHYANTI, VENTY
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-07-19 08:12:53 
Abstract :
ABSTRAK Chahyanti, Venty Emma. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Zaimi Effendi, M.Pd. (II) Dr. Muslim, SPd., M.Si. Kata kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik¸ Pendekatan Contextual Teaching and Learning Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan di SMPS Islam Terpadu Trio Batanghari tidak menunjukkan kegiatan aktif dan bermakna bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi aritmetika sosial untuk peserta didik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur 4-D yakni terdiri tahap pendefinisan (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari dua ahli yaitu ahli materi dan ahli desain. Uji coba dilakukan di kelas VII.1 SMPS Islam Terpadu Trio Batangharitahun ajaran 2018/2019 yang berjumalah 24 peserta didik .Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi LKPD (ahli materi dan ahli desain), lembar praktikalitas LKPD (Angket respon pendidik dan peserta didik) dan lembar efektifitas LKPD (tes hasil belajar peserta didik). Semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Hal ini terlihat dari hasil validasi ahli materi diperoleh70,67% (valid), hasil validasi ahli desain diperoleh 97,27% (sangat valid), hasil respon pendidik diperoleh 88,75% (sangat praktis), hasil respon peserta didik diperoleh 80,68% (sangat praktis), dan hasil tes hasil belajar peserta didik diperoleh 87,5% (efektif). 
Institution Info

Universitas Jambi