DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA TIPE KEPRIBADIAN THINKING DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
PEBRIANTI, PUTRI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-07-23 06:51:04 
Abstract :
ABSTRAK Pebrianti, Putri. 2019. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Tipe Kepribadian Thinking Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Drs. Syaiful, M.Pd., (II) Ade KumalasariS.Pd., M.Pd Kata Kunci :kemampuan representasi matematis siswa, siswa thinking, pemecahan masalah, sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan representasi matematis yang harus dimiliki siswa. Pentingnya representasi matematis bagi siswa diantaranya adalah dapat mengkomunikasikan sesuatu, seseorang perlu representasi baik berupa gambar, grafik, diagram, maupun bentuk representasi lainnya. Untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa dapat dilihat berdasarkan indikator representasi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa tipe kepribadian thinking dalam menyelesaikan soal pada materi SPLDV. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 4 siswa yang memiliki tipe kepribadian thinking terkuat dikelas VIII B SMP Negeri 19 Kota Jambi. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar tes kepribadian MBTI, lembar soal representasi matematis materi SPLDV dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa tipe kepribadian thinking tinggi. Hasil dari pekerjan siswa tipe kepribadian thinking dalam menyelesaikan soal secara umum keempat siswa dapat menyelesaikan dengan baik. Namun tidak ada siswa yang memenuhi kelima indikator representasi matematis. Hanya satu siswa yang memenuhi empat dari lima indikator kemampuan representasi matematis. Tiga siswa lainnya hanya memenuhi tiga dari lima indikator kemampuan representasi matematis. 
Institution Info

Universitas Jambi