DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF IMPULSIF MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Saputra, Erwin
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-07-24 01:32:25 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan dan tingkat berpikir kreatif siswa SMP kelas VII dengan gaya kognitif impulsif dalam pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model problem based learning. Dalam penelitian ini, kemampuan dan tingkat berpikir kreatif siswa dengan gaya kognitif impulsif akan diungkap dengan indikator berpikir kreatif. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 orang siswa yang diambil dari kelas VIIA, yaitu 1 orang laki-laki dan 3 orang perempuan yang memiliki gaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes MFFT untuk mengetahui gaya kognitif siswa yang akan dijadikan subjek penelitian, teknik observasi untuk melihat ketercapaian guru dalam menerapkan langkah-langkah model problem based learning, teknik tes lembar pemecahan masalah untuk mengungkapkan kemampuan dan tingkat berpikir kreatif siswa, dan teknik wawancara untuk mengetahui lebih mendalam kemampuan dan tingkat berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dan tingkat berpikir kreatif siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika dengan pembelajaran menggunakan model problem based learning hampir semua subjek memenuhi indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibelitas, dan kebaruan. Dimana 3 subjek memenuhi ketiga indikator berpikir kreatif dan berada ditingkat 4 yaitu sangat kreatif, dan hanya 1 subjek yang berada ditingkat 2 yaitu cukup kreatif karena hanya memenuhi satu indikator berpikir kreatif. 
Institution Info

Universitas Jambi