DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Program Linear
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
kurniawan, soni
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-07-24 04:10:01 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi Program Linear serta untuk mengetahui kualitas LKPD yang dikembangkan berdasarkan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini didasarkan pada model pengembangan 4D yaitu define, design, development dan dessiminate. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Kota Jambi pada tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI di SMA Negeri 4Kota Jambi . Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket validasi desain bahan ajar, angket validasi materi, angket penilaian guru, angket penilaian siswa soal tes hasil belajar siswa, dan media itu sendiri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian angket validasi materi dan design dengan persentase nilai masing-masing adalah 86,7% (sangat valid) dan 86,4% (sangat valid), kriteria kepraktisan berdasarkan angket penilaian guru dan peserta didik dengan persentase nilai masing-masing adalah 84,4% (sangat praktis) dan 88,75% (sangat praktis), serta kriteria keefektifan berdasarkan tes hasil belajar siswa dengan nilai 76,5%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning ini memiliki kualitas yang baik sesuai dengan pendapat Nieveen bahwa bahan ajar yang baik memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. 
Institution Info

Universitas Jambi