DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Modelling Mathematics Dengan Konteks Koperasi Sekolah Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
MEGAYANI, WINDI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-07-24 08:52:20 
Abstract :
ABSTRAK Megayani, Windi . 2019. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Modelling Mathematics Dengan Konteks Koperasi Sekolah Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Sofnidar, M.Si., (II) Drs. Gugun M. Simatupang, M.Si. Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Modelling Mathematics, Koperasi Sekolah, Aritmatika Sosial Pembelajaran matematika sangatlah penting untuk dipelajari. Pembelajaran matematika juga dijadikan sebagai salah satu penentu kelulusan peserta didik dalam setiap jenjang pendidikan. Akan tetapi, masih banyak peserta didik yang menganggap bahwa pelajaran matematika sangatlah sulit, salah satunya yaitu aritmatika sosial. Oleh karena itu diperlukan suatu bahan ajar dan model pembelajaran yang efektif dan dapat membuat peserta didik aktif dalam belajar. Salah satu solusinya yaitu belajar dengan menggunakan LKPD berbasis modelling mathematics, yaitu pembelajaran dengan konteks dunia nyata. Salah satunya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana disekolah seperti koperasi sekolah. Tujuan dari penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa LKPD berbasis Modelling Mathematics dengan konteks koperasi sekolah pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP dan untuk mengetahui kelayakan produk LKPD yang telah dibuat. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Pertama melakukan analisis dilanjutkan dengan membuat rancangan, kemudian melakukan pengembangan terhadap LKPD, dilanjutkan dengan uji coba produk, selanjutnya diimplementasikan di lapangan, serta evaluasi untuk melihat hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD yang dibuat sudah sangat baik, karena bahan ajar berupa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan angket validasi desain dan materi dengan rata-rata skor 4,28 ini termasuk dalam kategori ?sangat baik?. LKPD memenuhi kriteria kepraktisan, yaitu berdasarkan hasil penilaian guru mata pelajaran dengan rata-rata skor 4,16 dengan kriteria ?sangat baik?, dan hasil uji coba, yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dengan rata-rata skor 4,57 dengan kriteria ?sangat baik?. LKPD memenuhi kriteria keefektifan, yaitu berdasarkan persentase peserta didik yang tuntas sesuai KKM adalah 70,83%. Melihat Persentase aktivitas peserta didik saat pembelajaran menggunakan LKPD yaitu 86,17% dengan kategori ?sangat baik?, dan kemudian adanya respon positif dari peserta didik, hal ini dapat dilihat dari angket yang diberikan bahwa hasil respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD diperoleh persentase 88,75% dengan kategori ?positif? atau mendapat respon yang positif oleh peserta didik. 
Institution Info

Universitas Jambi