DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SHORT MOVIE MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PELUANG KELAS X SMAN 5 KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Akmal, M. Reza
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-07-25 06:16:41 
Abstract :
ABSTRAK M.Reza Akmal . 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Short movie Matematika Pada Materi Peluang SMA Negeri 5 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Jefri Marzal, M.Sc, D.I.T. (II) Rohati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Short movie, Peluang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih belum maksimalnya penggunaan ICT dalam proses pembelajaran serta ketidakmampuan guru dalam mengintegrasikan metode mengajar dengan sebuah media pembelajaran yang mengakibatkan belum optimalnya proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran dengan menggunakan media short movie pada materi peluang kelas X serta untuk mengetahui keefektifan dari media pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran yang bersifat interaktif dan dapat ditentukan efektifitasnya melalui tiga aspek yaitu hasil belajar (learning), persepsi (perception), dan sikap (performance). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif dengan instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian ahli materi dan ahli desain media pembelajaran, angket uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dengan 6 orang subjek, uji coba kelompok besar dengan subjek 30 orang siswa, pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa, tes hasil belajar siswa, angket respon siswa. Peneliti melakukan pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa, pemberian tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan pemberian angket untuk mengetahui hasil respon siswa. Setelah pembuatan media pembelajaran maka media pembelajaran tersebut divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang kemudian diimplementasikan dikelas X SMA Negeri 5 Kota Jambi. Dari hasil analisis yang dilakukan terhadap post-test materi sistem koordinat, diperoleh hasil observasi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran mencapai 86,98% menunjukkan kategori ?sangat baik?, 93,33% nilai siswa mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimum) dan hasil respon siswa terhadap media pembelajaran diperoleh persentase 94,99% dengan kategori ?sangat baik? atau mendapat respon positif oleh siswa. Ini artinya media pembelajaran Short movie Matematika yang dibuat telah sesuai dengan tujuan penggunaan media pembelajaran. Sehingga media pembelajaran ini bisa digunakan oleh siswa dan guru matematika SMP khususnya pada pembelajaran peluang. 
Institution Info

Universitas Jambi