DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEB BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMPN 17 KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
SAPUTRA, ANDI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-08-01 04:18:46 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan gaya belajar siswa yang mempengaruhi pemahaman materi pada saat belajar dan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 17 Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran web berdasarkan gaya belajar siswa pada materi statistika kelas VIII serta untuk mengetahui keefektifan dari media pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran yang dapat ditentukan efektifitasnya melalui tiga aspek yaitu hasil belajar, persepsi (perception), dan sikap (performance). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif dengan instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian ahli materi dan ahli desain media pembelajaran, angket uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dengan 6 orang subjek, uji coba kelompok besar dengan subjek 30 orang siswa, pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa, tes hasil belajar siswa, angket respon siswa. Peneliti melakukan pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa, pemberian tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan pemberian angket untuk mengetahui hasil respon siswa. Setelah pembuatan media pembelajaran maka media pembelajaran tersebut divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang kemudian diimplementasikan dikelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi. Dari hasil analisis yang dilakukan terhadap post-test materi statistika, diperoleh hasil observasi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran mencapai 86,98% menunjukkan kategori ?sangat baik?, 93,33% nilai siswa mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimum) dan hasil respon siswa terhadap media pembelajaran diperoleh persentase 94,99% dengan kategori ?sangat baik? atau mendapat respon positif oleh siswa. Ini artinya media pembelajaran web berdasarkan gaya belajar siswa yang dibuat telah sesuai dengan tujuan penggunaan media pembelajaran. Sehingga media pembelajaran ini bisa digunakan oleh siswa dan guru matematika SMP khususnya pada pembelajaran materi statistika. 
Institution Info

Universitas Jambi