DETAIL DOCUMENT
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Discovery Learning Berbantukan Software GeoGebra Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII A SMPN 7 Muaro Jambi.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
MIFTAHUDIN, M RIZAL
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-08-13 03:59:36 
Abstract :
ABSTRAK Mifahudi, M Rizal. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Software Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas Viii Smpn 7 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Sri Winarni, S.Pd., M.Pd., (II) Rohati, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci : Discovery, GeoGebra, Pemecahan Masalah Salah satu tujuan mendasar dalam belajar matematika adalah siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah. Hasil survey PISA tahun 2012 (Nurhanifah 2018) yang menunjukan bahwa indonesia menempati peringkat ke-64 dari 65 negara yang di survei dengan nilai rata-rata kemampuan matematikanya yaitu 375 dari nilai standar rata-rata yang ditetapkan oleh PISA adalah 500. Pada survei tersebut salah satu indikator kognitif yang dinilai adalah kemampuan pemecahan masalah, ini menunjukan bahwa siswa di Indonesia masih rendah dalam hal kemampuan pemecahan masalah. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan pembelajaran khususnya dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning dengan berbantu softwere GeoGebra. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah nilai hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal dan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII A SMPN 7 Muaro Jambi dalam pembelajaran discovery learning berbantuan softwere GeoGebra pada materi bangun ruang sisi datar. Dalam penelitian ini menggunakan metode campuran dengan strategi penelitian campuran sekuensial yaitu strategi eksplanatoris sekuensial dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, teshasil belajar, tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu 3 oran siswa yang di ambl dari siswa kelompok atas, sedang dan bawah. Hasil penelitian ini menunjukan bahawa pembelajaran discoveri learning berbantuan software GeoGebra meningkatkan hasil belajar siswa ini ditunjukan dari ketuntasan siswa mencapai lebih 75%, namun belum mencapai ketuntasan klasikal. Seluruh tahapan kemampuan pemecahan masalah terlaksana dan dapat dilakukan siswa dalam proses pembelajaran. Kemampuan pemecahan masalah subjek ACT memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat baik ini dibuktikan berdasarkan hasil wawancara bahwa subjek ACT mampu dalam menjelaskan tahapan-tahapan kemampuan pemecahan masalah yang sudah dilakukan. Subjek CTS 70% dengan kategori baik ini juga ditujukan berdasarkan pengerjaan dan wawancara bahwa subjek CTS pada tahapan subjek ACT dan CTS ini dapat diperlihatkan pada lembar pengerjaan dan hasil wawancara subjek sebagian besar tahapan kemampuan pemecahan masalah tidak lapat dilakukan dengan baik seperti pada tahapan melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa hasil penyelesaian. 
Institution Info

Universitas Jambi