DETAIL DOCUMENT
ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAN 10 KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Hidayani, Wahyu
Subject
LB2300 Higher Education 
Datestamp
2019-08-14 06:29:52 
Abstract :
Dalam pembelajaran kimia terdapat rendahnya minat dan motivasi belajar peserta didik terutama pada materi hidrolisis garam. yang disebabkan oleh pembelajaran yang biasa saja sehingga dapat mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran dan hasil belajar. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) peserta didik akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep-kondep penting apabila mereka saling mendiskusikan masalah dengan temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) di kelas XI MIPA 3 SMAN 10 kota Jambi dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 3 SMAN 10 kota Jambi pada materi hidrolisis garam. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (Mix-Method) dengan menggunakan kedua data yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian yaitu purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 3. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) baik aktivitas guru maupun peserta didik, dan tes essay. Teknik analisa data kualitatif menggunakan Miles and Huberman, teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment dan analisis koefisien determinasi. pelaksanaan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) guru mengalami peningkatan setiap pertemuan dan persentase model oleh peserta didik dalam kategori baik dengan rata-rata persentase setiap pertemuannya 73,95% dan hasil belajar peserta didik sebesar 71,38% dikategorikan baik. Hubungan pelaksanaan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) dengan hasil belajar peserta didik dikategorikan sedang berdasarkan nilai analisis korelasinnya yaitu 0,596. Kemudian dilanjutkan analisis koefisien determinasi didapatkan hasil 35,52% dikategorikan rendah. Hal ini menandakan bahwa model TPS hanya 35,52% mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) terdapat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam di kelas XI MIPA 3 SMAN kota Jambi. 
Institution Info

Universitas Jambi