DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMAN 11 KOTA JAMBI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JUST IN TIME TEACHING BERKELOMPOK DAN INDIVIDU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Febriani, Vini Gentari
Subject
LB2300 Higher Education 
Datestamp
2019-08-14 06:29:43 
Abstract :
Pendidikan abad ke-21 harus mampu menciptakan manusia yang yang berkualitas dengan kompetensi berpikir kritis dan mampu mengatasi masalah, mampu berkomunikasi dan berkolaborasi, dan kreatif serta inovatif. Pemahaman siswa tentang ilmu kimia harus memiliki keterkaitan antar konsep. Untuk memahami konsep dengan benar maka siswa perlu mengembangkan kemampuan berfikir abstrak, kritis dan analitis. Keterampilan ini termasuk kemampuan untuk berargumentasi. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih siswa dalam mengembangkan kemampuan berargumentasi adalah model pembelajaran Just in Time Teaching. Materi kimia yang dapat digunakan dalam model Just in Time Teaching untuk mengembangkan kemampuan argumentasi siswa salah satunya adalah hukum dasar kimia. Dimana siswa terlibat dalam memberikan pernyataan (claim), data yang relevan (evidence) serta alasan yang menghubungkan data dan pernyataan (reasoning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan argumentasi siswa antara dua kelas eksperimen pada materi hukum dasar kimia Kelas X MIA SMAN 11 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini, desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal posttest. Untuk melihat perbedaan kemampuan argumentasi siswa di kelas X MIA 2 dan X MIA 1 digunakan uji-t independen. Posttest kelas JiTT berkelompok sebesar 73,67% dengan kategori baik. Sedangkan posttest kelas JiTT individu sebesar 63,42% dengan kategori cukup baik. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas dimana diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,965 > 2,042 dengan dk 33 dan ? = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan argumentasi siswa dikelas Just in Time Teaching berkelompok lebih baik dibandingkan kemampuan argumentasi siswa dikelas Just in Time Teaching individu pada materi hukum dasar kimia di SMAN 11 Kota Jambi. 
Institution Info

Universitas Jambi