DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
AULIA, RETTA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-08-15 06:35:03 
Abstract :
ABSTRAK Aulia, Retta. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Zaimi Effendi, M.Pd., (II) Rohati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Pemecahan Masalah Matematika, Kepercayaan Diri. Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah karena kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 7 Muaro Jambi masih rendah yang ditunjukkan pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa kesulitan dalam mengkomunikasikan gagasan atau ide-ide matematika dalam memecahkan persoalan matematika baik secara lisan maupun tulisan. Mereka seringkali enggan untuk menjawab pertanyaan lisan dari guru, hal ini juga disebabkan karena kurangnya percaya diri yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan dan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari kepercayaan diri siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kombinasi (Mixed Methods) dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII C SMP Negeri 7 Muaro Jambi dengan pemilihan subjek penelitian berdasarkan hasil skor angket sehingga diperoleh kelompok kepercayaan diri tinggi, sedang, dan rendah. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang memilih 6 subjek yaitu 2 subjek dengan kategori kepercayaan diri tinggi, 2 subjek dengan kategori kepercayaan diri sedang, dan 2 subjek dengan kategori kepercayaan diri rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket untuk mengetahui kategori kepercayaan diri siswa yang akan dijadikan subjek penelitian, teknik tes lembar pemecahan masalah dan wawancara untuk mendapatkan data kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kepercayaan diri tinggi sudah memenuhi keempat indikator kemampuan komunikasi matematis dan tingkat kemampuan komunikasi matematis berada pada level 3 (baik). Subjek dengan kepercayaan diri sedang sudah memenuhi tiga dari keempat indikator kemampuan komunikasi matematis dan tingkat kemampuan komunikasi matematis berada pada level 2 (sedang). Subjek dengan kepercayaan diri rendah hanya memenuhi satu indikator dari keempat indikator kemampuan komunikasi matematis dan tingkat kemampuan komunikasi matematis berada pada level 1 (kurang). 
Institution Info

Universitas Jambi