DETAIL DOCUMENT
Perbandingan Miskonsepsi Siswa Pada Materi Rangkaian Listrik SMA Negeri di Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Iklima, Iklima
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-08-19 08:03:54 
Abstract :
Dalam materi listrik diketahui miskonsepsi yang dialami siswa seperti tegangan hanya terjadi dalam suatu rangkaian tertutup, dan siswa juga mengungkapkan bahwa cukup dengan menyambung lampu dengan baterai dan satu kabel maka lampu akan menyala. Rangkaian listrik merupakan salah satu sub materi dalam fisika yang terdapat pada materi listrik dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara miskonsepi yang terjadi pada siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Tanah Sepenggal Lintas dengan siswa di SMA Negeri 2 Tanah Sepenggal Lintas Tahun Pelajaran 2018/2019 pada materi rangkaian listrik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Tanah Sepenggal Lintas pada 18 Maret 2019 dan di SMA Negeri 1 Tanah Sepenggal Lintas pada 25 Maret 2019. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan instrumen Four-Tier Diagnostic Test kepada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu 2 sekolah kelas X MIA yang ada di SMA Negeri 1 Tanah Sepenggal Lintas sebanyak 88 siswa dan SMA Negeri 2 Tanah Sepenggal Lintas sebanyak 24 siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif. Dengan analisis perbandingan menggunakan analisis Uji T Sampel Berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara miskonsepsi yang dialami oleh siswa SMA Negeri 1 Tanah Sepenggal Lintas dan SMA Negeri 2 Tanah Sepenggal Lintas dengan persentase perbandingannya yaitu sebesar 14%:10%. Dengan sub materi yang paling banyak miskonsepsinya yaitu pada rangkaian paralel arus akan dibagi pada cabang pertama dan dibagi lagi pada cabang berikutnya 
Institution Info

Universitas Jambi