DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA TIPE KEPRIBADIAN IDEALIST DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
FATMAWATI, FATMAWATI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-08-23 04:13:37 
Abstract :
ABSTRAK Fatmawati. 2019. Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa Tipe Kepribadian Idealist dalam Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu PengetahuanAlam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Nizlel Huda, M.Kes., (II) Dr.Mujahidawati, M.Si. Kata kunci: Keterampilan Metakognitif, Kepribadian, Idealist, Pemecahan Masalah Matematika. Pemecahan masalah merupakan komponen yang sangat penting dalam pendidikan metematika. Dengan pemecahan masalah diharapkan siswa mempunyai rasa ingin tahu dan ketekunan dalam mempelajari suatu masalah serta bisa menyelesaikan masalah dalam kehidpan sehari-hari yang membutuhkan pemikiran tingkat tinggi. Salah satu keterampilan yang mendukung kesuksesan siswa dalam memecahkan masalah matematika adalah keterampilan metakognitif. Di SMP Negeri 1 Kota Jambi terdapat siswa yang memiliki kepribadian idealist yang sudah menggunakan metakognisinya dalam pemecahan masalah tetapi masih gagal dalam keterampilan metakognitifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan metakognitif siswa kelas CI (Cerdas Istimewa) yang memiliki kepribadian idealist yang terpilih sebagai subjek penelitian dalam pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini yaitu pelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas CI yang memiliki kepribadian idealist yang terpilih sebagai subjek yang sudah medapat pembelajaran materi perbandingan. Berdasarkan tes kepribadian The Keirsey Four Type Sorter kepada 52 siswa CI, 14 siswa CI yang diambil sebagai calon subjek dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok double metakognitif, tripel metakognitif, dan quadrapel metakognitif. Double metakognitifadalah subjek yang melakukan 2 kali penyelesaian masalah matematika. Tripel metakognitif adalah subjek yang melakukan 3 kali penyelesaian masalah matematika. Quadrapel metakognitif. subjek yang melakukan 4 kali penyelesaian masalah matematika. Dari masing-masing kelompok diambil satu siswa yang di jadikan subjek penelitian. Data penelitian diperoleh dari lembar tugas siswa yang dikerjakan dengan think aloud dan lembar wawancara. Hasil penelitian tentang proses metakognisi terkait keterampilan metakognitif menunjukkan subjek penelitian pertama memenuhi semua indikator keterampilan metakognitif yaitu mengembangkan suatu perencanaan tindakan, mengadakan monitoring, dan mengevaluasi perencanaan. Subjek penelitian kedua dan ketiga hanya memenuhi indikator keterampilan metakognitif yang pertama yaitu mengembangkan suatu perencanaan tindakan. 
Institution Info

Universitas Jambi