DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PROSES BERPIKIR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH POLYA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN GENDER
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
KURNIAWAN, RAMADHAN
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-08-29 03:20:37 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil observasi awal pada siswa SMP yang belum memenuhi indikator proses berpikir matematika dalam pemecahan masalah berdasarkan langkah Polya. Padahal pemecahan masalah membutuhkan kemampuan memahami soal lebih rinci dengan mengaitkan setiap proses berpikir yang dimiliki siswa untuk dapat memecahkan soal yang diberikan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses berpikir siswa SMP kelas VIII dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah polya ditinjau dari kecerdasan emosional dan gender. Dalam penelitian ini proses berpikir siswa berdasarkan kecerdasan emosional dan gender akan diungkap proses pemecahan masalah yang mengikuti langkah- langkah Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan bentuk studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan pada SMP Negeri 20 Kota Jambi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang siswa yang diambil dari kelas VIIID, yaitu 3 orang laki-laki dan 3 orang perempuan berdasarkan masing-masing kecerdasan emosional yang berbeda. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket untuk mengetahui kecerdasan emosional yang akan dijadikan subjek, teknik test untuk mengungkapkan proses berpikir yang diungkap berdasarkan tahap pemecahan masalah berdasarkan langkah Polya, dan teknik wawancara untuk mengetahui sejauh mana proses berpikir siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses berpikir siswa dengan tingkat kecerdasan emosional yang berbeda dan perbedaan gender dalam pemecahan masalah menurut langkah Polya menunjukkan hasil bahwa tingkat kecerdasan emosional dan gender pada karakteristik subjek akan mempengaruhi proses berpikir siswa. Kata Kunci : Proses Berpikir, Kecerdasan Emosional, Gender, Pemecahan Masalah 
Institution Info

Universitas Jambi