DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Video Pembelajaran Biologi pada Materi Daur Ulang Limbah Plastik Menggunakan Sparkol Videoscribe Untuk Kelas X SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Anggita, Elsya
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2019-09-12 02:26:42 
Abstract :
ABSTRAK Anggita, Elsya. 2019. Pengembangan Video Pembelajaran Biologi pada Materi Daur Ulang Limbah Plastik Menggunakan Sparkol Videoscribe Untuk Kelas X SMA. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si., Pembimbing (II) Dr. Ervan Johan Wicaksana, S.Pd, M.Pd, M.Pd.I Kata kunci : Video Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Daur Ulang Limbah Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa video pembelajaran biologi menggunakan sofware sparkol videoscribe sebagai media pembelajaran pada materi daur ulang limbah. Penggunaan video pembelajaran sebagai media pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi, khususnya daur ulang limbah plastik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Kota Jambi pada bulan Mei 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan data kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebar angket kepada siswa dan guru. Selanjutnya ujicoba produk dilakukan pada 6 orang kelompok kecil, 26 orang siswa kelompok besar dan satu guru mata pelajaran biologi, sebelumnya dilakukan validasi media oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase 81,25% dengan kategori ?Sangat Baik? sedangan hasil validasi ahli media 93,75% dengan kategori ?Sangat Baik?. Pada ujicoba kelompok kecil memperoleh tanggapan 92,5% dengan kategori ?sangat baik? sedangkan pada ujicoba kelompok besar memperoleh tanggapan 87,2%. Persepsi guru bidang studi biologi memperoleh tanggapan 87,5% dengan kategori ?sangat baik? berdasarkan hal tersebut media layak digunakan. 
Institution Info

Universitas Jambi