DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA TIPE KEPRIBADIAN JUDGING DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Azwanto, Azwanto
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-09-26 01:13:44 
Abstract :
Azwanto. 2018. Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Tipe Kepribadian Judging dalam Penyelesaian Soal Cerita pada Materi Teorema Pythagoras berdasarkan Taksonomi Solo: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Husni Sabil, M.Pd (II) Dr. Jefri Marzal, M.Sc., D.I.T. Kata Kunci : Kemampuan kognitif, soal cerita, taksonomi solo Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan kognitif siswa dalam penyelesaian soal cerita matematika kelas VIII D SMPN 18 Kota Jambi. Rendahnya nilai yang diperoleh siswa disebabkan oleh tahapan perkembangan kognitif siswa yang kurang diperhatikan oleh guru serta karakteristik siswa seperti kepribadian. Maka dari itu perlu dilakukan suatu upaya penelitian untuk menganalisis kemampuan kognitif siswa dalam penyelesaian soal cerita berdasarkan tipe kepribadian siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan tingkat kemampuan kognitif dan kesalahan siswa tipe kepribadian judging kelas VIII SMP dalam menyelesaikan soal cerita pada materi teorema pythagoras berdasarkan taksonomi SOLO. Penelitian ini dilakukan di Kelas VIII D SMP Negeri 18 Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian merupakan tiga orang siswa kelas VIII D yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini ialah peneliti sendiri, serta dibantu dengan lembar tes MBTI, lembar tes tertulis dan pedoman wawancara. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi teknik dan sumber, selanjutnya data yang diperoleh akan dianalisis dengan tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek penelitian memiliki kemampuan kogntitif yang masih rendah berdasarakan taksonomi SOLO yaitu subjek hanya mencapai level unistruktural saja. Pada level ini kemampuan kognitif subjek dikategorikan rendah karena indikator jawaban pada level unistruktural: (1) siswa hanya menggunakan sedikitnya satu informasi dalam menggunakan konsep pemecahan masalah, (2) siswa hanya menggunakan satu konsep yang tepat, (3) siswa memahami soal dan dapat memberikan jawaban yang benar. Adapun jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan subjek adalah kesalahan siswa dalam melakukan operasi matematika. Kesalahan yang dilakukan subjek meliputi subjek yang tidak menguasai aljabar maupun menyelesaikan persamaan kuadrat. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih sering memberikan soal dengan level yang bertingkat mulai dari tingkat rendah sampai tingkat tinggi khususnya berdasarkan tingkatan taksonomi SOLO. 
Institution Info

Universitas Jambi