DETAIL DOCUMENT
Hubungan Antara Partisipasi Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Kota Jambi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Sultanuddin, Tahmid
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-06-26 08:15:55 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena yang berkaitan dengan terdapat orang tua yang beralasan lelah setelah seharian kerja, sibuk atau menyibukkan diri dengan berbagai acara dan berbagai argumen yang dipakai orang tua sebagai alasan tidak sempatnya memperhatikan kegiatan belajar anaknya. Selain itu, terlihat adanya siswa yang datang terlambat, saat dengan alasan bangun kesiangan. Selain itu, diketahui bahwa hasil belajar siswa XI di SMK Negeri 1 Kota Jambi juga belum begitu memuaskan, dimana nilai yang diperoleh siswa umumnya hanya untuk tuntas KKM saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah terdapat hubungan antara partisipasi orang tua dengan hasil belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah korelasional, dengan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kota Jambi, yang terdaftar secara resmi pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018, yang mana kesemua angggota populasi adalah 413 orang siswa, sehingga jumlah sampel yang diperoleh adala sebanyak 87 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket yang berisi 36 item pernyataan. Data yang diperoleh, diolah dengan menggunakan teknik persentase formula C dan teknik analisis statistik non parametrik ranking spearman dengan bantuan aplikasi SPSS 22.0. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diketahui bahwa kualitas partisipasi orang tua siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kota Jambi berada pada kualitas yang baik (72,7%) dan hasil belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kota Jambi berada pada kualitas yang baik (78,4%). Selain itu, diketahui bahwa terdapat hubungan positif yang hampir dapat diabaikan antara partisipasi orang tua dengan hasil belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Hasil penelitian ini memberikan implikasi terhadap pelaksanakan layanan bimbingan dan konseling di sekolah untuk dapat lebih dioptimalkan kembali. Guru pembimbing dituntut untuk dapat memabntu orang tua akan pentingnya partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar anak dan menjalin suatu bentuk komunikasi serta kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua siswa. 

Institution Info

Universitas Jambi