DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Mujia Putra, Ficry
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-09-26 04:13:40 
Abstract :
ABSTRAK Mujia Putra, Ficry. 2019. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I: Dr. Kamid, M.Si dan Pembimbing II: Rohati, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: LKPD, Geometri, Budaya Jambi, Metakognisi Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) pada materi geometri berbasis budaya Jambi untuk meningkatkan metakognisi siswa SMP Negeri 14 Kota Jambi dan untuk mengeahui kualitas lembar kegiatan peserta didik (LKPD) yang dihasilkan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Jambi pada Mei 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara Uji coba kelompok kecil dengan menyebarkan angket dan uji coba kelompok besar dengan cara mengajar selama 4 kali pertemuan. Pada penelitian ini menggunakan instrumen yang ditujukan untuk mengetahui kualitas LKPD menurut kriteria Nieveen yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kriteria kevalidan dengan menggunakan angket materi dan angket desain LKPD, kepraktisan dengan menggunakan angket penilaian guru dan siswa. Serta keefektifan dengan menggunakan tes hasil belajar. Hasil validasi materi diperoleh persentase 94,64% (sangat valid), hasil validasi desain 98,52% (sangat valid), hasil penilaian guru 83,75% (sangat praktis), hasil penilaian siswa rata-rata 80,5% (sangat praktis). Terakhir test hasil belajar mengalami peningkatan metakognisi sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD memenuhi kualitas baik. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menggunakan produk LKPD ini sebagai acuan untuk mengembangkan LKPD pada materi geometri yang lain berbasis budaya Jambi. Mengkolaborasikan produk LKPD dengan bahan ajar lain agar pembelajaran tidak monoton dan pembelajaran dapat berjalan dengan praktis dan efektif. 
Institution Info

Universitas Jambi