DETAIL DOCUMENT
PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM MENULIS TEKS ILMIAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
ABDUL RAHMAN, DWI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-09-27 02:32:25 
Abstract :
ABSTRAK Rahman, Dwi Abdul. 2019. Pemahaman Mahasiswa dalamMenulis Teks Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi : Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Rustam, S.Pd., M.Hum., (II) Priyanto, S.Pd., M.Pd., Kata kunci : pemahaman, menulis, teks ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena yang terjadi pada pemahaman mahasiswa dalam menulis teks ilmiah mulai dari sebelum pelaksanaan menulis sampai dengan setelah pelaksanaan menulis. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi pada April 2019. Data penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan instrumen penelitian kepada mahasiswa serta wawancara kepada mahasiswa (sebagai data utama) dan melihat skripsi mahasiswa (sebagai data penunjang). Setelah melakukan wawancara, data dianalisis secara kualitatif menggunakan studi fenomenologi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa tidak leluasa untuk menentukan judul penelitian dikarenakan dibatasi oleh pihak kampus untuk membuat judul tentang pembelajaran. Serta ada beberapa mahasiswa yang ikut dalam penelitian dosen. Setelah pra pelaksanaan menulis mahasiswa dihadapi dengan proses pelaksanaan menulis dimana mahasiswa terkendala oleh sumber referensi, kebingungan karena tidak tahu, serta proses bimbingan pada dosen pembimbing skripsi. Lalu pada pasca pelaksanaan menulis mahasiswa tersebut merasa lega karena telah mampu menyelesaikan skripsi dengan hasil sendiri. Mahasiswa yang menjadi partisipan dalam penelitian ini juga mengaku benar-benar melakukan penelitian terhadap data yang mereka peroleh. Dari hasil penelitian ini disarankan agar mahasiswa dapat memperbanyak membaca buku diperpustakaan sebagai sumber informasi serta mengakses jurnal yang telah tersedia. Disamping itu, para dosen juga memegang peranan penting terhadap skripsi mahasiswa karena saran serta motivasi dari dosen juga dapat meningkatkan semangat menulis mahasiswa. 
Institution Info

Universitas Jambi