DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Learning Cycle dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan kelas VII SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
DEWI, ROSITA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-10-07 03:36:36 
Abstract :
ABSTRAK Dewi, Rosita. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Learning Cycle dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan Kelas VII SMP : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Syaiful, M.Pd, (II) Dr. Drs. Khamid, M.Si Kata Kunci : Pengembangan bahan ajar, Lembar kerja siswa (LKS), Konsep belajar, Himpunan. Pengembangan bahan ajar merupakan salah satu cara yang dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa untuk belajar matematika. Salah satu akibat dari kurangnya motivasi siswa dalam belajar berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika. Hal lain yang juga berpengaruh adalah pembelajaran yang berpusat pada pendidik dan ketersediaan sumber belajar yang kurang memadai. Bahan ajar dan model pembelajaran yang menarik tentunya akan meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran matematika, salah satunya dengan menggunakan bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) konsep belajar pada himpunan ini yang dikemas lebih menarik. Tujuan penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Dimana penelitian menggunakan tahapan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian validasi materi, validasi desain media pembelajaran, angket tanggapan guru dan siswa, tes hasil belajar siswa, penilaian aktifitas belajar siswa dan angket respon siswa. Setelah LKS dibuat maka LKS tersebut divalidasi oleh ahli. Validasi dilakukan oleh tiga ahli materi, satu ahli desain media pembelajaran, dan dua ahli materi dan tanggapan guru dan siswa. Bersamaan dengan validasi para ahli/pakar juga diuji coba pada (one to one) yaitu 1 orang guru matematika kelas VII SMP Negeri 6 Muaro Jambi. Setelah LKS divalidasi dan direvisi, maka selanjutnya dilakukan ujicoba kelompok kecil (small group trial). Uji coba dilakukan dengan meminta tanggapan dari beberapa siswa non subjek penelitian. Berdasarkan hasil ujicoba tersebut, LKS kembali direvisi jika kembali ditemukan kelemahan. Selanjutnya LKS tersebut diuji coba (post-test) pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Muaro Jambi. Dari hasil observasi yang dilakukan terhadap tes akhir materi himpunan, diperoleh 74,1% nilai siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum. Dan hasil observasi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran mencapai 60% menunjukkan kategori ?baik?. Ini artinya LKS yang dibuat telah sesuai dengan tujuan penggunaan LKS. Sehingga LKS ini bisa digunakan oleh guru matematika SMP khususnya pada pembelajaran materi himpunan. 
Institution Info

Universitas Jambi