DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Media Pembelajaran e-comic pada Materi Larutan Penyangga untuk Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Jambi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Nisa, Lutfiatun
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-10-17 01:43:08 
Abstract :
Saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. Siswa bisa belajar di mana, kapan dan apa saja sesuai dengan minat dan gaya belajarnya. Dalam kondisi semacam ini, guru memiliki peran sebagai fasilitator. Guru sebagai fasilitator menyediakan fasilitas pembelajaran seperti media pembelajaran, sumber belajar dan bahan ajar. Salah satu sumber belajar yang sekaligus bisa dijadikan media pembelajaran adalah e-comic. Sebagai sumber belajar dan media pembelajaran, e-comic dibuat dengan desain yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-comic pada materi larutan penyangga yang dinilai layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model desain pembelajaran Hanaffin and Peck. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner analisis kebutuhan, kuisioner penilaian guru, kuisioner respon siswa, lembar wawancara, lembar validasi ahli materi dan ahli media. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya dinilai oleh guru sebelum diujicobakan kepada siswa. Uji coba kepada siswa dalam bentuk kelompok kecil berjumlah sepuluh orang untuk melihat respon siswa. Hasil penelitian diperoleh kelayakan e-comic menurut ahli materi 90,67% (sangat layak) dan menurut ahli media 90,67% (sangat layak). Untuk hasil penilaian guru adalah 86,67% (sangat baik) dan respon siswa 89,06% (sangat baik). Berdasarkan hasil pengembangan disimpulkan bahwa kriteria media pembelajaran e-comic pada materi larutan penyangga sangat layak dan direspons positif oleh siswa sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran pendukung pada materi larutan penyangga. 
Institution Info

Universitas Jambi