DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PEMBUATAN MIND MAPPING DI KELAS VIII SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
ROMLAH, SITI ROSIANA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-11-19 02:41:47 
Abstract :
ABSTRAK Romlah, Siti Rosiana. 2019. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau Dari Pembuatan Mind Mapping Di Kelas VIII SMP:Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr.Drs. Syaiful , M.Pd., (II) Dra. Dewi Iriani, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Mind Mapping. Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah karena kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Batanghari masih rendah. Rendahnya pemahaman konsep matematis siswa dapat dilihat dari (1) sebagian siswa yang mampu menyatakan ulang konsep yang telah diajarkan; (2) sebagian siswa yang mampu memberikan contoh dari suatu konsep yang diberikan; (3) sebagian siswa yang dapat mengaplikasikan suatu konsep untuk menyelesaikan masalah matematika yang diberikan; dan (4) siswa cenderung mencatat apa yang dituliskan dipapan tulis oleh guru tanpa memahami apa yang dituliskan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP yang ditinjau dari pembuatan mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kombinasi (Mixed Methods) dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII A SMP Negeri 36 Batanghari dengan pemilihan subjek penelitian berdasarkan hasil skor tes tertulis kemampuan pemahaman konsep sehingga diperoleh kelompok kemampuan pemahaman konsep tinggi, sedang, dan rendah. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang memilih 6 subjek yaitu 2 subjek dengan kategori pemahaman konsep tinggi, 2 subjek dengan kategori pemahaman konsep sedang, dan 2 subjek dengan kategori pemahaman konsep rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis kemampuan pemahaman konsep untuk mengetahui kategori kemampuan pemahaman konsep siswa yang akan dijadikan subjek penelitian, teknik tes pembuatan mind mapping dan wawancara untuk mendapatkan data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan pemahaman konsep tinggi sudah memenuhi 4 dari 7 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuannya baik. Subjek dengan dengan kemampuan pemahaman konsep sedang sudah memenuhi 3 dari 7 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuannya cukup baik. Subjek dengan kemampuan pemahaman konsep rendah sudah memenuhi 2 dari 7 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuannya kurang baik. Sedikitnya indikator yang terpenuhi oleh subjek dikarenakan adanya keterbatasan penelitian dimana indikator mind mapping tidak mampu mengungkap atau memenuhi indikator kemampuan pemahaman konsep matematis, indikatornya yaitu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek-objeknya menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, dan kemampuan mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep. 

Institution Info

Universitas Jambi