DETAIL DOCUMENT
IDENTIFIKASI KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM DINIYYAH AL AZHAR KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
LESTARI, ELSA VITA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-10 02:52:32 
Abstract :
Lestari, Elsa Vita. 2019 Identifikasi Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Diniyyah Al Azhar Kota Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd dan pembimbing II Dr. K.A. Rahman, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Kecerdasan Visual Spasial Kecerdasan visual spasial anak juga sangat penting untuk di kembangkan secara optimal agar tumbuh kembang anak dapat berkembang secara optimal pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi indikator kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun di TK Islam Diniyyah Al Azhar Kota Jambi. Setiap potensi yang dimiliki anak perlu distimulasi dengan baik melalui sekolah dan keluarga termasuk kecerdasan visual spasial yang dimiliki anak. Guru dan orang tua perlu bekerja sama dalam menstimulasi kecerdasan visual spasial anak dengan cara menyediakan sarana yang menunjang kecerdasan visual spasial seperti menyediakan alat permainan konstruktif baik di rumah maupun disekolah dan juga memberikan kebebasan anak untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mereka senangi. Jenis metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metodologi penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh anak TK Islam Diniyyah Al Azhar Kota Jambi yang berjumlah 96 anak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu semua populasi dipilih sebagai sampel penelitian sehingga sampel berjumlah 96 anak. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan alternative jawaban ?Ya? dan ?Tidak?. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase dengan rumus P = f/N.100%. Hasil dari penelitian ini adalah 1) kecerdasarn visual spasial anak dalam kemampuan menggambar memiliki rata-rata bobot sebesar 72, 2) kecerdasan visual spasial anak dalam kepekaan terhadap warna sebesar 76, 3) kecerdasan visual spasial dalam menjelajah lokasi disekitar sebesar 81, 4) kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun dalam melakukan permainan konstruktif sebesar 82, 5) kecerdasan visual spasial dalam menyukai buku berilustrasi atau buku-buku penuh gambar sebesar 75,5, 6) kecerdasan visual spasial anak dalam mewarnai gambar sebesar 75, 7) kecerdasan visual spasial dalam bermain kolase dari berbagai unsur sebesar 76,6, 8) kecerdasan anak untuk memperhatikan berbagai jenis grafik, peta dan diagram sebesar 73,5, 9) kecerdasan anak dalam menikmati dan mengenali benda di foto sebesar 76,0, 10) kecerdasan visual spasial anak dalam bercerita tentang mimpi sebesar 67,0, 11) kecerdasan visual spasial anak dapat dilihat dari anak menyukai profesi sebesar 81,0 dan 12) kecerdasan visual spasial anak dalam merasakan dan menilai pola sederhana sebesar 78,0. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun di TK Islam Diniyyah Al Azhar Kota Jambi berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 75,76. 
Institution Info

Universitas Jambi