DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MASURAI II MENDALO DARAT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
SOSIANTI, LENA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-11 02:22:45 
Abstract :
Sosyanti, Lena. 2019. Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di TK Puri Masurai II Mendalo Darat: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd., (II) Nofrans Eka Saputra, M.Psi., M.A., Kata kunci: metode demonstrasi, berpikir kritis Hasil penelitian awal di TK Puri Masurai II Mendalo Darat pada anak usia 5-6 tahun diketahui bahwa dari 20 anak kelas kelompok B hanya ada beberapa anak yang berpikir kritisnya mulai berkembang. Masih banyaknya anak yang berpikir kritisnya belum berkembang ini terlihat saat kegiatan pembelajaran berlangsung seperti saat kegiatan bercakap-cakap ataupun tanya jawab terlihat hanya beberapa anak yang merespon pertanyaan guru. Selain itu, terlihat ada sebagian anak tidak antusias untuk berbicara atau mengungkapkan idenya. Pada kriteria yang lain seperti kemampuan mengobservasi, menganalisis, membuat hipotesis, belum terlihat jelas. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Puri Masurai II Mendalo Darat. Melalui kegiatan demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman anak melalui pengelihatan dan pendengaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental. Dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design dengan menilai sebanyak dua kali yakni sebelum diberi tindakan (Pretest) dan sesudah diberi tindakan (Posstest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Puri Masurai II Kelompok B. Sampel penelitian yang digunakan adalah anak kelas kelompok B TK Puri Masurai II yang berjumlah 20. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini adalah teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik nonparametrik, yaitu Wilcoxon Match Pair Test (Uji jenjang bertanda Wilcoxon), dan untuk mengetahui besar pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap berpikir kritis anak dalam penelitian ini, dapat diketahui dengan menggunakan rumus Cohen?s d effect size. Hasil uji Wilcoxon Match Pair Pairs Test membuktikan bahwa nilai kritis Ztabel dengan tingkat signifikan 5% adalah 1,96, sedangkan nilai Zhitung yang diperoleh 3,919 (Zhitung > Ztabel) Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya besar pengaruh yang didapat dengan menggunakan rumus Cohen?s d sebesar 1,36 yang berarti Strong Effect (Kuat). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi berpengaruh kuat terhadap berpikir kritis anak kelompok B TK Puri Masurai II Mendalo Darat. 
Institution Info

Universitas Jambi