DETAIL DOCUMENT
IDENTIFIKASI KEBIASAAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 06 BATANG HARI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
sakdiyah, sakdiyah
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-16 00:36:15 
Abstract :
ABSTRAK Sakdiyah. 2019.Identifikasi Kebiasaan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di SMAN 06 Batang Hari: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas jambi, Pembimbing : (I) Nehru, S.Si, M.T (II) Dwi Agus Kurniawan, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : kebiasaan belajar, SMAN 06 Batang Hari, mata pelajaran Fisika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui gambaran kebiasaan belajar siswa pada mata pelajaran Fisika.Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui pendapat siswa mengenai kebiasaan belajar pada mata pelajaran Fisika. Penelitian ini dilakukan di SMAN 06 Batanghari pada Juli-September 2019. Data penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan angket kebiasaan belajar siswa terhadap mata pelajaran Fisika dan didukung dengan wawancara guru Fisika dan siswa. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kebiasaan belajar siswa mata pelajaran fisika telah membiasakan diri dengan baik seperti di kelas terlihat siswa memperhatikan guru mengajar, mencatat apa yang diajarkan oleh guru, dan membuat tugas yang diberikan oleh guru. Kebiasaan belajar siswa di luar kelas secara mandiri, Siswa mempelajari kembali catatan hasil pelajaran di sekolah, membuat ringkasan materi, belajar pada saat tertentu yang paling memungkinkan di rumah. Kebiasaan belajar siswa di luar secara berkelompok Siswa memilih teman yang cocok untuk bergabung dalam kelompok. Kebiasaan belajar siswa mepelajari buku fisika, Siswa menentukan bahan yang ingin diketahui, membaca bahan tersebut, memberi tanda pada bahan yang diperlukan. Dan Kebiasaan belajar siswa saat menghadapi ujian, siswa dapat percaya diri, membaca pertanyaan dengan mengingat jawabannya, mendahulukan menjawab pertanyaan yang lebih mudah, memeriksa jawaban sebelum dikumpulkan.(2) Siswa berpendapat kebiasaan siswa saat belajar fisika mereka memperhatikan guru mengajar, dirumah mereka mengulangi pelajaran, saat berkelompok mereka berdiskusi dengan baik, mempelajarai buku fisika mereka mencatat poin-poin yang penting dan saat ujian mereka menjawab pertanyaan dan belajar sebelum ujian berlangsung. Namun pada saat ujian mereka sering belajar sehari sebelum ujian dilaksanakan. 
Institution Info

Universitas Jambi