DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI KELAS VII SMPN 1 MUARO JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
SAPUTRI, RIA NINGSIH
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-16 00:40:38 
Abstract :
ABSTRAK Saputri, Ria Ningsih. 2019. Analisis kemampuan koneksi matematika siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual yang ditinjau dari kepercayaan diri siswa di kelas VII SMPN 1 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Sri Winarni, S.Pd.,M.Pd (II) Drs. Sufri., M.Si Kata kunci: Kemampuan koneksi, kontekstual, kepercayaan diri Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan koneksi matematika siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari kepercayaan diri siswa di kelas VII SMPN 1 muaro Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Muaro Jambi pada kelas VIIF tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitiatif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa masing-masing dengan kategori kepercayaan diri tinggi, sedang dan rendah diperoleh dengan menyebarkan angket skala kepercayaan diri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual yang ditinjau dari kepercayaan diri siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi berdasarkan tes dan wawancara yaitu : (1) Subjek yang pertama yaitu SKT hanya memenuhi indikator kemampuan koneksi matematis pada aspek koneksi antar topik matematika dan aspek konseksi dengan displin ilmu lain.; (2) Subjek yang kedua yaitu SKS hanya memenuhi indikator kemampuan koneksi matematis pada aspek koneksi antar topik matematika dan aspek koneksi dengan dunia nyata.; (3) Subjek yang ketiga yaitu SKR tidak mampu memenuhi kemampuan koneksi matematis untuk semua indikator. Subjek dengan kepercayaan diri yang dimilikinya baik SKT, SKS dan SKR tidak semuanya memenuhi inidkator-indikator kemampuan koneksi matematis pada tiap-tiap aspek koneksi, ini disebabkan faktor kepercayaan diri itu sendiri yang mempengaruhi kemampuan koneksi matematis setiap subjek tersebut 
Institution Info

Universitas Jambi