DETAIL DOCUMENT
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menurut Polya untuk Siswa dengan Gaya Berpikir Sekuensial Konkret pada Materi Teorema Phytagoras di SMP Negeri 30 Muaro Jambi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
AMINI, NURI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-20 03:58:46 
Abstract :
Amini, Nuri 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menurut Polya untuk Siswa dengan Gaya Berpikir Sekuensial Konkret pada Materi Teorema Phytagoras di SMP Negeri 30 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Sufri, M.Si, (2) Yelli Ramalisa, S.Pd, M,Sc. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis menurut Polya, Gaya Berpikir Sekuensial Konkret, Materi Teorema Phytagoras. Penelitian ini bertujuan untuk menganalsiis kemampuan pemecahan masalah matematis menurut Polya untuk siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret (SK) dalam menyelesaikan soal materi teorema Phytagoras. Dalam penelitian ini, kemampuan pemecahan masalah matematis menurut Polya untuk sisiwa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret akan diungkapkan dengan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis menurut Polya. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Subjek penelitian sebanyak 5 orang siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret, tetapi subjek yang dianalisis berjumlah 4 orang setelah data divalid kan. Pemilihan subjek menggunakan angket karakteristik gaya berpikir yang diadobsi dari buku DePorter, B. dan Hernacki, M. (2015) serta dari kevalidan data hasil tes tertulis dan data hasil wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan tek nik tes dan teknik wawancara. Teknik tes digunakan untuk mengungkapkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan teknik wawancara digunakan untuk mengetahui lebih mendalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret memenuhi ke 4 indikator yaitu indicator memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah,, melaksanakan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh. 
Institution Info

Universitas Jambi