DETAIL DOCUMENT
deskripsi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan model learning cycle pada materi pola bilangan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
sundari, sesi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-17 06:49:38 
Abstract :
ABSTRAK Sundari, Sesi. 2019. Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Penerapan Model Learning Cycle pada Materi Pola Bilangan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Mujahidawati, M.Si.(II) Drs. Gugun M.Simatupang, M.Si Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Learning Cycle. Pemahaman konsep matematis adalah kemampuan menyerap dan memahami ide-ide matematika yang ditunjukkan siswa dalam memahami konsep dan dalam melakukan prosedur (algoritma) secara luwes, akurat, efisien dan tepat. Untuk itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dianggap cocok untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu dengan menerapkan model Learning Cycle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan penerapan model Learning Cycle terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi pola bilangan di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Sampel Penelitian ini adalah siswa kelas VIII E sebanyak 31 siswa. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Untuk pengolahan data digunakan program Microsoft excel 2016 dan analisis data untuk mengetahui penerapan model learning cycle terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi pola bilangan. Dari hasil dan pembahasan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dilihat dari keterlaksanaan kegiatan aktivitas guru sebesar 89% dan keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 73,95%, hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan dari pertemuan sampai pertemuan ketujuh. Untuk persentase indikator kemampuan pemahaman konsep matematis dengan skor ideal 10 didapatkan skor totalnya adalah 24,56 dengan persentase sebesar 35,08% dari keseluruhan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan model Learning Cycle dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. 
Institution Info

Universitas Jambi