DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MODEL RME UNTUK PESERTA DIDIK YANG MEMILIKI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT KELAS VIII SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
putri, sri devi zelfia deni putri
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-17 08:00:35 
Abstract :
ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep sangat penting dalam pembelajaran matematika. Di SMP 16 Kota Jambi peserta didik gaya kognitif Field Dependent belum mampu memahami konsep secara maksimal. Peserta didik yang memiliki gaya kognitif Field Dependent menemukan kesulitan dalam memproses informasi, namun mudah mempersepsikan apabila informasi dimanipulasi sesuai dengan konteksnya. Sedangkan pembelajaran dengan model RME adalah model pembelajaran yang menempatkan konteks atau masalah realistic sebagai titik awal dalam menemukan konsep. Sehingga dengan adanya pembelajaran dengan model RME pada Peserta didik yang memiliki gaya kognitif Field Dependent maka kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dapat lebih berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika pada peserta didik yang memiliki gaya kognitif Field Dependent dalam pembelajaran dengan model RME. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik yang memiliki gaya kognitif Field Dependent dan sedang mendapatkan pembelajaran materi pola bilangan. Berdasarkan tes GEFT (Group Embedded Figure Test) terhadap 142 peserta didik didapatkan 48 peserta didik yang memiliki gaya kognitif Field Independent dan 94 peserta didik yang memiliki gaya kognitif Field Dependent. Karena populasi relative besar maka dilakukan sampling, dimana populasi yang homogeny dipilih secara acak sebanyak tiga orang dengan teknik pengundian. Data penelitian didapatkan dari data tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan data wawancara. Hasil penelitian tentang kemampuan pemahaman konsep matematika menunjukkan subjek penelitian pertama hanya mampu memenuhi indikator menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematika dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah. Subjek penelitian kedua mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep matematika. Subjek penelitian ketiga belum mampu memenuhi indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah. Perubahan karakteristik peserta didik dengan gaya kognitif field dependent ini dikarenakan pemberian pembelajaran dengan model RME yang memanipulasi informasi sesuai dengan konteksnya. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Gaya Kognitif Field Dependent, Model RME. 
Institution Info

Universitas Jambi