DETAIL DOCUMENT
Gambaran Kualitas Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII Di Mts Model Kota Jambi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Hajrah, Hajrah
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-18 00:54:53 
Abstract :
Penelitian ini dilatar-belakangi oleh adanya fenomena lapangan yang memperlihatkan bahwa siswa kelas VIII di MTs Model sebagian besar mampu menjalin hubungan sosial yang baik di lingkungan sekolah. Namun hubungan sosial tersebut terlihat sulit untuk siswa pertahankan, hal ini disebabkan oleh karena kontrol emosi yang dimiliki siswa cenderung kurang baik. Hubungan pertemanan yang telah terjalin antar siswa dapat terputus karena seringnya terjadi perselisihan antara siswa tersebut. Selain itu, terjadinya pertengkaran antar siswa laki-laki yang sering kali memicu perkelahian di lingkungan sekolah, dan tidak jarang pula perkelahian tersebut berlanjut hingga ke luar sekolah, sehingga menimbulkan kekhawatiran yang tinggi bagi pihak sekolah dan orang tua siswa. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kualitas kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Model Kota Jambi beserta indikator-indikatornya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan populasi adalah siswa kelas VIII di MTs Model Kota Jambi, yang berjumlah 180 orang, kemudian ditentukan sebanyak 79 orang diantaranya menjadi sampel penelitian dengan teknik pengambilan sampel Random Sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket, dan data yang diperoleh diolah dengan menggunakan tekhnik persentase formula C untuk item berbeda. Berdasarkan hasil analisis data, maka diketahui bahwa secara umum kualitas kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Model Kota Jambi berada pada kualitas yang baik, dengan persentase rata-rata yang diperoleh adalah sebesar 70,6%. Sedangkan untuk hasil pada masing-masing indikator kecerdasan emosional siswa, terlihat bahwa seluruh indikator berada pada kualitas yang baik., namun yang perlu dicermati bahwa indikator yang memperoleh persentase rata- rata tertinggi adalah kemampuan siswa dalam membina hubungan (75,9%). Sedangkan indikator yang memperoleh nilai persentase rata-rata terendah diketahui berada pada indikator mengelola emosi (62,5%). 
Institution Info

Universitas Jambi