DETAIL DOCUMENT
Analisis Keterlaksanaan Pendekatan Etnosains Melalui Model Discovery Learning Pada Materi Hidrokarbon dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Afriansyah, Soni
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-18 04:20:13 
Abstract :
ABSTRAK Afriansyah, Soni. 2019. Analisis Keterlaksanaan Pendekatan Etnosains Melalui Model Discovery Learning Pada Materi Hidokarbon dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Dr. Drs. Haryanto, M.Kes, Pembimbing II: Drs. Epinur, M.Si Kata kunci: Pendekatan Etnosains, Model Discovery Learning, Berpikir Kritis , Hidrokarbon. . Dalam pembelajaran kimia dibutuhkan suatu model pembelajaran interaktif yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis,salah satunya model pembelajaran Discovery Learning. Akan tetapi, hasil wawancara terhadap guru kimia di SMAN 1 Muaro Jambi yang menyatakan bahwa model ini belum maksimal dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan etnosains yang dinilai cocok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hal ini dikarenakan pembelajaran sains yang dikembangkan dari prespektif kearifan lokal yang terorganisir terkait dengan kejadian alam tertentu (etnosains) dapat menumbuhkembangkan cara berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh keterlaksanaan pendekatan etnosains dengan model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada proses pembelajaran hidrokarbon di kelas XI IPA SMAN 1 Muaro Jambi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI IPA 3 SMAN 1 Muaro Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning oleh guru maupun siswa dan lembar observasi berpikir kritis dan tes essay. Untuk melihat hubungan keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning dengan kemampuan berpikir kritis dilakukan uji korelasi product moment. Keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning oleh siswa sebesar 62,12% dengan kategori baik. Keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning oleh guru sudah baik terlihat pada komentar yang diberikan oleh observer cenderung semakin baik pada setiap pertemuan. Dan persentase kemampuan berpikir kritis sebesar 62,95% dengan kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rxy = 0,5191 dengan tingkat hubungan sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan dan pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi hidrokarbon di kelas XI IPA 3 SMAN 1 Muaro Jambi. 
Institution Info

Universitas Jambi