DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 8 PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 8 BATANGHARI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Putra, Hansen Rama
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-18 07:04:20 
Abstract :
ABSTRAK Putra, Hansen Rama. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ispring Suite 8 pada Materi Hidrolisis Garam untuk Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Batanghari: Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Epinur, M.Si (2) Dra. Yusnidar, M. Pd. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Ispring Suite 8, Hidrolisis Garam Pembuatan media dalam pembelajaran dapat mendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Terkadang guru menggunakan media presentasi dengan software powerpoint. Namun media itu tidak dibuat sendiri, melainkan diperoleh dari teman-teman guru lainnya. Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu ataupun skill dalam pembuatan media menggunakan software tersebut. Salah satu contoh upaya yang dapat membantu terlaksananya pembelajaran yang menarik yaitu dengan membuat sebuah multimedia pembelajaran interaktif menggunakan software ispring suite 8. Pemanfaatan Ispring Suite 8 dapat mempermudah pemahaman peserta didik untuk mengasah kemampuannya melalui latihan soal yang bersifat interaktif. Software Ispring Suite 8 dapat diintegrasikan dalam Microsoft powerpoint sehingga penggunanya tidak membutuhkan keahlian yang rumit dan waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan multimedia interaktif menggunakan software ini cukup singkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan secara teoritis dan praktis multimedia pembelajaran interaktif menggunakan Ispring Suite 8 pada materi hidrolisis garam untuk kelas XI. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data secara kuantitatif menggunakan skala likert dan kualitatif menggunakan analisis secara deskriptif. Hasil validasi konstruk dan konten bahwa produk Ispring Suite 8 untuk Hidrolisis Garam (ISHG) mendapatkan skor 90,96% dengan kriteria sangat layak, respon guru memberikan skor 97,33% dengan kriteria sangat layak dan hasil dari respon siswa memiliki skor 84,13% yang berarti sangat layak digunakan untuk pembelajaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan menggunakan Ispring Suite 8 pada materi hidrolisis garam untuk kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Batanghari layak digunakan secara teoritis dan praktis. 
Institution Info

Universitas Jambi