DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNNG (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KELAS XI IPS 7 SMAN 2 KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Abdillah, Riki Setia
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-19 01:24:56 
Abstract :
ABSTRAK Abdillah, Riki Setia. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Kelas XI IPS 7 SMAN 2 KOTA JAMBI: Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Akhyaruddin, M. Hum, (2) Drs. Agus Setyonegoro, M. Pd. Kata Kunci: Implementasi, Menulis, Eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam memberikan materi pembelajaran berupa teks eksplanasi dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Basic Learning). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dengan mendeskripsikan hasil kerja siswa serta kemampuan sisw dalam menulis teks eksplanasi menggunakan model pembelajaran PBL. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 7 SMAN 2 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode diskusi, kelompok, dan tanya jawab. Hasil penelitian menerangkan jika penerapan model PBL dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi ini berhasil di terapkan pada siswa kelas XI IPS 7 SMAN 2 Kota Jambi. Dalam penerapan ini guru menggunakan metose diskusi, kelompok, dan tanya jawab untuk memudahkan siswa dalam memecahkan masalah yang diberikan oleh guru. Selain itu model yang digunakan oleh guru sangat menunjang siswa dalam menulis teks eksplanasi, selain itu siswa juga dengan mudah menemukan permasaalahan yang ingin diselesaikan terutama daam bentuk teks eksplanasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran PBL dalam menulis teks eksplanasi ini berhasil di terapkan pada siswa kelas XI IPS 7 SMAN 2 Kota Jambi. 
Institution Info

Universitas Jambi