DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Melalui Pendekatan Saintifik Tehadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Tanjung Jabung Timur
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
HENDRIYANTO, EKO
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-19 03:39:52 
Abstract :
Rendahnya hasil belajar siswa dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga menyebabkan kurang aktifnya siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan tersebut adalah dengan mengubah proses pembelajaran yang lebih menekankan pada proses berfikir siswa antara lain model pembelajaran ARIAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang siknifikan pada penerapan model pembelajaran ARIAS melalui pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 31 Tanjung Jabung Timur pada 18 November ? 8 desember 2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rencana penelitian yang digunakan adalah postes-only control design dengan tiga kelas sampel. Kelas eksperimen diajarkan dengan model pembelajaran ARIAS melalui pendekatan saintifik dan kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajatan langsung dengan pendekatan Saintifik. Metode pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi. Analisis data untuk mengetahui perbedaan rata-rata digunakan Analisis Variansi. Berdasarkan hasil aktivitas guru di kelas eksperimen I dan ekperimen II telah mencapai kriteria ?terlaksana dengan sangat baik? dengan rerata skor 90% dan 90%. Dan untuk aktivitas guru di kelas kontrol mencapai kriteria ?terlaksana dengan baik? dengan rerata skor 79%. Untuk aktivitas siswa di kelas eksperimen I dan ekperimen II mencapai kriteria ?terlaksana dengan baik? dengan rerata skor 74% dan 64%. Dan aktivitas siswa di kelas kontrol hanya mencapai kriteria ?terlaksana dengan cukup baik? dengan rerata skor 56%. Hasil penelitian menunjukan terlihat nilai rata-rata yang tercapai pada kelas eksperimen I dan II sebesar 64,76 dan 72,42 serta pada kelas kontrol nilai rata-rata hasil belajar 46,33. Hal ini menunjukan nilai perlakuan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai perlakuan pada kelas kontrol, sehingga bisa dikatakan perlakuan yang diterapkan berpengaruh. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran ARIAS melalui Pendekatan Saintifik dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran langsung melalui pendekatan Saintifik, sehingga Model Pembelajaran ARIAS melalui Pendekatan Saintifik memiliki berpengaruh. 
Institution Info

Universitas Jambi