Abstract :
Perawat merupakan tenaga kesehatan yang memegang peranan penting dalam
memberikan pelayanan di bidang kesehatan di rumah sakit maupun klinik dalam
mencapai tingkat kepuasan bagi pesien atau klien. Tujuan dari penelitian ini untuk
Mengidentifikasi adanya hubungankompetensi perawat pelaksana dengan tingkat
kepuasan pasien rawat inapdi Rumah Sakit Baladhika Husada Jember. Desain
penelitian yang digunakan yaitu cross sectional. jumlah populasi 782 dan untuk
sampel yang diambil adalah 78 responden yang diperoleh dengan tehnik
pengambilan sampel non probability sampling menggunakan teknik quota
sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala ordinal. Hasil
analisa data menunjukkan kopetensi perawat cukup baik 79,5% dan tingkat
kepuasan pasien cukup puas 92,3%. Hasil uji statistik menggunakan Spearman
Rho dengan ?=0,05 didapatkan nilai p value 0,004, r yaitu 0,325 sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan kopetensi perawat dengan
tingkat kepuasan pasien dalam kateori sangat lemah. Penelitian ini
direkomendasikan kepada perawat dan rumah sakit Baladhika Husada Jember
untuk meningkatkan kompetensi.
Kata kunci : Perawat, kompetensi, tingkat kepuasan pasien