Abstract :
Persepsi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi siswa meliputi
perhatian, minat, dan pengalaman. Perilaku merupakan upaya meningkatkatkan
PHBS memberikan pengalaman belajar bagi perorangan, keluarga, kelompok,
dan masyarakat dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan
edukasi guna meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku melalui pendekatan
advokasi, bina suasana (social support), dan gerakan masyarakat (empowerment)
sehingga dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dalam rangka menjaga,
memelihara, dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui hubungan persepsi siswa tentang kebersihan lingkungan dengan
perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa Di SDN Pace 1 Kecamatan Silo
Jember. Metode penelitian adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional.
Populasi siswa kelas 5 ? 6 yang sekolah di SDN Pace 1 Kecamatan Silo Jember
diperkirakan dengan jumlah 86 siswa dan sampel dipilih dengan non Probability
sampling dengan menggunakan metode Total sampling. Hasil penelitian ini
didapat 86% siswa yang mempunyai persepsi negatif sedangkan untuk perilaku
69,8% siswa masih kurang baik atas perilaku hidup bersih dan sehat. Dari hasil
spearman rank (Rho) diperoleh P value diperoleh 0,021< 0,05 dengan demikian
H1 diterima yang berarti ada hubungan antara persepsi siswa tentang kebersihan
lingkungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat dengan koefisien korelasi
positif.
Kata kunci: Persepsi, Perilaku, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat