DETAIL DOCUMENT
Hubungan Pelayanan Obat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Yang Berorientasi pada Standar Akreditasi Klinik di Klinik dr. M. Suherman Jember
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
Ermawati, Ely
Subject
610 Medicine and Health 
Datestamp
2021-04-19 03:46:51 
Abstract :
Pelayanan obat merupakan salah satu bagian yang penting dalam penyelenggaraan pelayanan klinik dan tidak terpisahkan dari pelayanan keperawatan. Kecermatan, ketepatan, dan kecepatan pelayanan obat merupakan indikator penting kepuasan pasien. Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membanding antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelayanan obat dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan yang berorientasi pada standar akreditasi klinik di klinik dr. M. Suherman Jember. Desain korelasi penelitian yang digunakan adalah pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien rawat jalan di klinik dr. M. Suherman Jember sebanyak 100 responden yang dimulai tanggal 03-11 Juli 2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan Quota Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa statistik dengan uji Spearman Rho. Berdasarkan analisa data dari pelayanan obat dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan didapatkan nilai (p value = 0.000) ? = 0.05 nilai r = 0.606 yang berarti ada hubungan yang kuat antara pelayanan obat dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di klinik dr. M. Suherman Jember. Rekomendasi penelitian ini ditujukan kepada petugas apotek klinik agar lebih meningkatkan pelayanan terutama dalam hal waktu tunggu obat agar lebih meningkatkan kepuasan pasien. 

File :
ARTIKEL.pdf
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember