DETAIL DOCUMENT
Hubungan Empati Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSD Balung Kabupaten Jember
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
Nusantara, Fajar
Subject
610 Medicine and Health 
Datestamp
2019-09-16 08:47:12 
Abstract :
Pelayanan keperawatan terutama empati perawat di ruang rawat inap merupakan hal yang penting karena sangat mempengaruhi kepuasan pasien atas layanan keperawatan yang diterima. Perawat yang memiliki empati tinggi akan membawa dampak positif dalam meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan bagi pasien. Desain penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan empati perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap. Populasi penelitian ini adalah pasien di ruang rawat inap RSD Balung Kabupaten Jember sebanyak 279 responden dengan sampel 74 responden yang diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan empati perawat dalam kategori empati sebanyak 35 responden (47,3%), sangat empati 29 responden (39,2%) dan kurang empati 10 responden (13,5%). Responden yang menyatakan puas terhadap empati perawat sebanyak 39 responden (52,7%), sangat puas 25 responden (33,8%) dan kurang puas 10 responden (13,5%). Hasil uji statistik Spearman rho dengan (? = 0,05) didapatkan p value = 0,000; r = 0,517 yang artinya empati perawat berhubungan dalam kategori sedang dengan tingkat kepuasan pasien. Komunikasi perawat dengan pasien di ruang rawat inap masih menjadi keluhan utama pasien. Saran dari penelitian ini untuk meningkatkan empati perawat di ruang rawat inap khususnya komunikasi terapeutik perawat kepada pasien sehingga terjalin hubungan interpersonal yang baik dan pasien merasa lebih puas. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember