Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
SYAMHADI, IIM
Subject
297 Islam, Babism, Bahai Faith
Datestamp
2021-06-07 06:44:03
Abstract :
Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran Guru Agama Dalam
meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP 1 Mayang dan Kendala apa saja yang
dihadapi guru dalam motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran agama islam di
SMP 1 Mayang jember tahun ajaran 2016-2017.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya
menggunakan observasi, Guru dalam SISDIKNAS 2005 tentang guru dan dosen
adalah seorang pendidik yang menyampaikan ilmu, pelajaran, akhlak dan
pendidikan.Dan proses ini merupakan usaha pendidik untuk membimbing anak didik
dalam arti khusus memberikan dorongan atau motivasi dalam mengatasi kesulitan
dalam belajar.wawancara, dokumentasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
memaparkan peran guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, siswa
kelas VIIIB SMP 1 Mayang. Setelah dilakukan penelitian, maka peneliti
menyimpulkan bahwa. (1) Peran guru agama dalam memberikan motivasi belajar
siswa adalah meningkatkan motivasi belajar, konselor,sebagai contoh atau teladan ,
sebagai pemberian motivasi. (2) keberhasian belajar siswa adalah memberi
sanjungan kepada siswa bagi yang berprestasi baik dalam belajar, memberi saran
kepada siswa agar tidak malu bertanya, serta mengarahkan siswa agar lebih giat
belajar.
Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian maka kami berikan saran bagi
semua kalangan, khususnya guru untuk selalu memperhatikan prestasi belajar siswa.
Agar dapat mengetahui seberapa pentingnya motivasi belajar untuk diberikan
kepada siswa, karena motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mata
pelajaran agama islam.