Abstract :
Pendidikan merupakan hal yang sangat mendasar (central basic) yang dapat
membawa perubahan terhadap manusia. Guru sebagai ujung tombak proses
pendidikan yang ada memiliki peran penting dan sebagai salah satu faktor penentu
dalam usaha mencapai tujuan sebuah proses pendidikan. Peranan tersebut akan
senantiasa menggambarkan pola tingkah laku yang diharapkan dalam berbagai
interaksinya, baik dengan siswa, sesama guru maupun dengan staf sekolah atau
bahkan dengan Kepala Sekolah.
Personal Value adalah sebuah nilai yang diyakini ole individu untuk
memilih tindakan atau perilaku yang akan dilakukan yang telah di pahami
konsekuensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Personal
Value Guru Muhammadiyah Di PDM Jember. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kuantitatif. Dengan Populasi dalam penelitian ini adalah Guru yang
mengajar di sekolah Muhammadiyah. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan
menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Metode
pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala Guttman.
Berdasarkan hasil pengambilan data kepada 100 Guru Muhammadiyah di
Kota Jember yang mengajar di Lembaga Muhammadiyah menunjukkan bahwa
secara umum gambaran personal value guru Muhammadiyah saat ini berasa pada
kategori Tinggi yaitu sebesar 53% artinya mampu dalam mengarahkan diri untuk
mengeksplorasi rasa ingin tahu, mampu bertanggung jawab dan memimpin
anggota dalam bekerja di sebuah kelompok, mampu dalam menjaga hubungan
intrapersonal dan interpersonal dalam lingkungan kerjanya, mampu menghormati
dan menerima adat istiadat, mampu dalam memahami, menghargai, melindungi
dan mensejahterakan orang lain dalam kelompok tertentu.