DETAIL DOCUMENT
GAMBARAN PERSONAL VALUE GURU MUHAMMADIYAH DI PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH JEMBER
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
Amalina, Naili
Subject
150 Psychology 
Datestamp
2021-06-08 06:33:00 
Abstract :
Pendidikan merupakan hal yang sangat mendasar (central basic) yang dapat membawa perubahan terhadap manusia. Guru sebagai ujung tombak proses pendidikan yang ada memiliki peran penting dan sebagai salah satu faktor penentu dalam usaha mencapai tujuan sebuah proses pendidikan. Peranan tersebut akan senantiasa menggambarkan pola tingkah laku yang diharapkan dalam berbagai interaksinya, baik dengan siswa, sesama guru maupun dengan staf sekolah atau bahkan dengan Kepala Sekolah. Personal Value adalah sebuah nilai yang diyakini ole individu untuk memilih tindakan atau perilaku yang akan dilakukan yang telah di pahami konsekuensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Personal Value Guru Muhammadiyah Di PDM Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dengan Populasi dalam penelitian ini adalah Guru yang mengajar di sekolah Muhammadiyah. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala Guttman. Berdasarkan hasil pengambilan data kepada 100 Guru Muhammadiyah di Kota Jember yang mengajar di Lembaga Muhammadiyah menunjukkan bahwa secara umum gambaran personal value guru Muhammadiyah saat ini berasa pada kategori Tinggi yaitu sebesar 53% artinya mampu dalam mengarahkan diri untuk mengeksplorasi rasa ingin tahu, mampu bertanggung jawab dan memimpin anggota dalam bekerja di sebuah kelompok, mampu dalam menjaga hubungan intrapersonal dan interpersonal dalam lingkungan kerjanya, mampu menghormati dan menerima adat istiadat, mampu dalam memahami, menghargai, melindungi dan mensejahterakan orang lain dalam kelompok tertentu. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember