Abstract :
Skripsi ini mengkaji Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui
bagaimana cara komunikasi yang dilakukan oleh Dinas pariwisata Kabupatan
Jember dan Lumajang melalui media sosial Youtube dengan menganalisi melalui
teori semiotika. Analisis semiotika yang dilakukan, diadaptasi dari teori semiotika
model Roland Barthes. Data penelitian ini diperoleh dari situs Youtube. Dalam
membahas penelitian ini, digunakan konsep-konsep semiotika oleh Roland Barthes
dimana digunakan tabel-tabel, makna denotatif, konotatif dan Mitos. Untuk
kemudian, dari setiap tayangan video yang di screen print. Dalam tayangan terdapat
simbol-simbol yang mempunyai pesan dan makna yang tersirat yang bisa dikaji.
Pesan-pesan itulah yang menjadi bahan peneitian yang berisi simbol-simbol dan
diaplikasikan dengan teori Roland Barthes. Dimana dalam penelitian ini peneliti
menemukan bahwa dalam kajian Semiotika dinas pariwisata memberi gambaran
akan wilayah - wilayah yang menjadi area wisata dimana dalam tayangan video
youtube dinas pariwisata memaparkan berbagai tempat pilihan untuk dikunjungi
oleh para wisatawan baik oleh Dinas pariwisata Kabupaten Jember dan Dinas
pariwisata Kabupaten Lumajang