DETAIL DOCUMENT
Analisis Semiotika media Youtube Dinas Pariwisata Kabupaten Jember dan Lumajang dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Wisatawan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Jember
Author
KHAROMI, HILMAN
Subject
304 Factors Affecting Social Behavior 
Datestamp
2021-06-14 03:13:39 
Abstract :
Skripsi ini mengkaji Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara komunikasi yang dilakukan oleh Dinas pariwisata Kabupatan Jember dan Lumajang melalui media sosial Youtube dengan menganalisi melalui teori semiotika. Analisis semiotika yang dilakukan, diadaptasi dari teori semiotika model Roland Barthes. Data penelitian ini diperoleh dari situs Youtube. Dalam membahas penelitian ini, digunakan konsep-konsep semiotika oleh Roland Barthes dimana digunakan tabel-tabel, makna denotatif, konotatif dan Mitos. Untuk kemudian, dari setiap tayangan video yang di screen print. Dalam tayangan terdapat simbol-simbol yang mempunyai pesan dan makna yang tersirat yang bisa dikaji. Pesan-pesan itulah yang menjadi bahan peneitian yang berisi simbol-simbol dan diaplikasikan dengan teori Roland Barthes. Dimana dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa dalam kajian Semiotika dinas pariwisata memberi gambaran akan wilayah - wilayah yang menjadi area wisata dimana dalam tayangan video youtube dinas pariwisata memaparkan berbagai tempat pilihan untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik oleh Dinas pariwisata Kabupaten Jember dan Dinas pariwisata Kabupaten Lumajang 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Jember