Abstract :
Discharge planning merupakan proses terintegrasi yang terdiri dari fase-fase yang
di tujukan untuk memberikan asuhan keperawatan yang berkesinambungan dimana
perawatan yang di butuhkan dan diberikan mulai pasien masuk rumah sakit sampai keluar
rumah sakit, Kepuasan pasien terhadap kualitas jasa pelayanan dipengaruhi oleh beberapa
faktor penentu yakni berwujud, handal, mempunyai daya tanggap, serta terjaminan, dan
mempunyai perhatian. Penelitian ini menggunakan penelitian cross sectional dengan
pendekatan cross sectional penganbilan data dalam penelitian ini sampel yang di teliti
sebanyak 35 Responden adalah pasien diruang rawat inap Anggrek RSD Balung Jember
yang di berikan implementasi discharge dan di berikan kuisoner untuk mencari nilai
kepuasan dari implementasi discharge planning, setelah data terkumpul dilakukan analisa
data secara computerized dengan menggunakan Spearman Rank , karena data yang diuji
meliputi data Ordinal. Hasil yang diperoleh menunjukan dari 21 responden mengatakan
puas dan 2 responden mengatakan kurang puas dengan implementasi discharge planning di
ruang rawat inap Anggrek RSD Balung Jember. Berdasarkan hasil uji statistik Spearman
Rank terdapat hubungan implementasi discharge planning dengan tingkat kepuasan pasien
di Ruang rawat inap Anggrek RSD Balung Jember. Implementasi discharge planning
hendaknya dijalankan dan dilaksanakan sesuai dengan standart oprasional prosedur,
dimana perawatan yang di butuhkan pasien harus diberikan mulai pasien masuk sampai
pulang mulai dari penjelasan penyakit, pola diet, tatacara meminum obat serta perubahan
aktifitas selama dirumah sehingga pasien dan keluarga mampu melaksanakan sendiri
selama perawatan di rumah serta implementasi discharge planning agar di aplikasikan
semua ruang rawat inap.
Kata kunci: Implementasi Discharge Planning, Kepuasan Pasien.